Sabtu, 02 Juni 2012

Pareidolia

Selamat malam \(^.^)/

Saya hanya ingin membagi sedikit informasi yang baru saya dapatkan.
Sore tadi saya baru selesai membaca sebuah novel ringan, judulnya "hujan punya cerita tentang kita".
yaa.. namanya novel remaja isinya biasa sih cinta - cintaan gitu, tapi yang mau saya ceritain bukan itu (hahaha). Didalam novel itu, ada satu tokoh namanya Rangga, dan dia sangat menyukai hujan dan photography. Pada salah bab dia berhasil mengabadikan foto yang merupakan gambar awan, dan awan itu berbentuk menyerupai bentuk hati. kemudian dia mengatakan bahwa itu "pareidolia".

Untuk saya sendiri, kata itu sangat asing. maka setelah sata selesai membacanya saya mencoba untuk browsing. dan saya mendapatkan banyak informasi.

Menurut beberapa media, Pareidolia itu adalah fenomena psikologis yang membuat kita seolah melihat bentuk - bentuk yang dianggap penting pada sesuatu. misalnya itu gini, pas kita lagi duduk di teras rumah, atau selama perjalanan jauh, biasanyakan didalan kendaraan kita sering melihat ke langit, terus ada banyak gumpalan awan. gumpalan awan itu kan terkadang membentuk sesuatu, kemudian kita menganggap awan tersebut membentuk binatang, benda, atau wajah. Fenomena itulah yang ternyata disebut pareidolia.

Ini gambar yang berhasil dicari digoogle :

kayak gini ni, biasanya berbentuk kepala anjing
Kayaknya hal ini wajar aja, tapi ingat gak sekitar 2 atau 3tahun yang lalu, ada sempat melihat awan dengan bentuk tulisan arab Allah ? kalo itu sih bingung juga, itu memang fenomena alam atau fenomena psikologis. Hal ini pun sebenarnya menarik, hanya saja kemajuan tekhnologi juga malah seperti ingin campur tangan, dengan membuat sesuatu yang seperti ini, contohnya uvo, hantu, atau bahkan sinar terang yang beberapa orang justru menganggap itu adalah malaikat -_-
Tapi apapun itu, semoga semua orang dapat bijak menyikapi hal - hal seperi ini.

Semoga bermanfaat teman - teman :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar