Teknologi merupakan
tema yang penting didalam dunia pendidikan. Kali ini saya akan membahas sedikit
tentang teknologi dan pendidikan.
REVOLUSI TEKNOLOGI
Revolusi
teknologi adalah bagian dari masyarakat informasi dimana kita kini hidup. Sebagian
orang menggunakan komputer, bolpoin, surat, dan telepon untuk berkomunikasi. Sedangkan
masyarakat informasi masih mengandalkan keahlian nonteknologi mendasar, seperti
keterampilan berkomunikasi, kemampuan
memecahkan masalah, berpikir mendalam, berpikir kreatif, dan bersikap
positif. Akan tetapi, dunia yang ada saat ini berorientasi kepada teknologi,
sehingga kompetensi yang dimiliki setiap orang semakin ditantang dan diperluas
dengan cepat (Bitter & Pierson, 2002; Collis 7 Sakamoto, 1996; Nickerson,
2000).
Teknologi
saat ini dapat menjadi suatu alat yang baik untuk memotivasi setiap murid dan
membimbing pembelajaran mereka. Masih banyak guru yang belum terlatih untuk
dapat menggunakan komputer dan teknologi lainnya, terlebih lagi komputer yang
terus menerus berkembang sehingga akan semakin tertinggal pula terhadap
teknologi. Hanya ketika sekolah mempunyai pendidika yang ahli dalam teknologi
dan sekolah yang mempunyai teknologi terbaru, maka pada saat itu pula revolusi
teknologi punya kesempatan untuk mengubah kelas.
INTERNET
Internet adalah alat pembelajaran dalam proyek
kaya teknologi yang disebut Cooperative
Networked Educational Community of Tomorrow (Co-NECT) (Jones, Tasmusen,
& Moffit, 1997). Internet adalah inti dari komunikasi melalui komputer. Sistem
internet berisi ribuan jaringan komputer yang terhubung di seluruh dunia, yang
menyediakan informasi yang tak terhingga yang dapat diakses oleh murid.
World
Wide Web (WEB)
adalah sistem pengambilan informasi hypermedia yang menghubungkan berbagai
materi internet. Materi ini mencakup teks dan grafis.
Website adalah lokasi individu atau organisasi
di internet. Website menampilkan informasi yang dimasukkan oleh individu atau
organisasi.
E-mail dalah singkatan dari electronic mail dan
merupakan bagian penting dari internet. Pesan dapat dikirim dan diterima dari
individu atau dari banyak individu sekaligus.
TEKNOLOGI DAN DIVERSITAS SOSIOKULTURAL
Teknologi
membawa beberapa isu sosial. Problem akses komputer dan pemanfaatannya juga
diperparah karena semakin banyaknya komputer dirumah keluarga kelas menengah ke
atas, dan juga problem kesenjangan antarkelompok etnis. Dalam sebuah studi oleh
National Association of Educational Progress, hampir sepertiga dari murid kulit
putih memiliki komputer sendiri,sedangkan murid Latino dan Afrika Amerika hanya
seperlima (Sutton, 1991). Dan keluarga dengan murid lelaki lebih mungkin
memiliki komputer sendiri ketimbang keluarga yang punya murid perempuan (DeVillar
& Faltis, 1991).
Berikut
rekomendasi untuk mencegah atau mengurangi kesenjangan :
1. Saring materi teknologi untuk
menghilangkan biar gender, kultural,dan etnis
2.Gunakan teknologi sebagai alat untuk menyediakan
kesempatan pembelajaran untuk
semua murid dari latar belakang yang berbeda
3. Beri murid informasi tentang pakar dari
latar belakang gender dan etnis yang berbeda yang
menggunakan teknologi secara
efektid di dalam kehidupan
4. Bicaralah dengan orangtua tentang
pemberian aktifitas belajar berbasis komputer di rumah
Sumber :
Santrok, J.W. (2008). Psikologi Pendidikan (edisi kedua). Jakarta: Kencana
Tidak ada komentar:
Posting Komentar