Selamat malam para calon – calon psikolog
\(^.^)/
Postingan saya malam ini akan membahas tentang “Blended
Learning” yang telah dilakukan dikelas pendidikan pagi tadi.
Testimonial :
Proses pembelajaran blended learning ini baru
yang kali pertama saya lakukan, dan cukup menyenangkan. Sistem ini dilakukan
dengan cara berkomunikasi dengan anggota setiap kelok yang harus melalui Gtalk.
Kemudian setiap anggota melakukan diskusi dan masing – masing anggota dapat
memperoleh informasi lebih dari internet. Walaupun pada akhirnya semua berjalan
lancar, tetapi tetap ada kendala seperti
sinyal wifi yang sulit untuk dihubungkan dengan laptop dan kemudian pada saat
baterai laptop sudah mulai low dan kebetulan juga mati lampu maka proses
belajar sangat tidak efektif. Dan yang sangat disayangkan, para peserta didik
tidak semua memiliki fasilitas yang memadai untuk mengikuti sistem perkuliahan
yang seperti ini (misalnya laptop dan modem). Tetapi ada sisi positif juga
yaitu memudahkan dalam pencarian informasi melalui internet sehingga referensi
yang didapatkan juga lebih luas dan tidak terbatas, ruang kelas menjadi lebih
aman dan tenang, dan setiap anggota kelompok dapat menyampaikan tanggapannya
masing – masing.
Resume :
Blended Learning merupakan sistem pembelajaran
yang menggabungkan cara pembelajaran tatap muka (face to face) dan pembelajaran
berbasis teknologi seperti penggunaan komputer/laptop dan fasilitas internet
yang dilakukan secara online dan offline.
Seperti yang telah saya posting sebelumnya, ada
beberapa pengertian blended learning menurut tokoh seperti :
Menurut Thorne (2003), Blended learning adalah
perpaduan dari teknologi multimedia, CD ROM video streaming, kelas virtual,
voicemail, email dan telefon conference, animasi teks online dan
video-streaming. Semua ini dikombinasi dengan bentuk tradisional pelatihan di
kelas dan pelatihan satu-satu. Blended learning menjadi solusi yang paling
tepat untuk proses pembelajaran yang sesuai tidak hanya dengan kebutuhan
pembelajaran akan tetapi juga gaya si pembelajar.
Pembelajaran berbasis Blended learning
berkembang sekitar tahun 2000 dan pada saat ini banyak digunakan di Amerika
Utara, Inggris, Australia, perguruan tinggi dan dunia pelatihan. Melalui
blended learning semua sumber belajar yang dapat memfasilitasi terjadinya
belajar bagi orang yang belajar dikembangkan. Pembelajaran blended dapat
menggabungkan pembelajaran tatap muka (face-to-face) dengan pembelajaran
berbasis komputer. Artinya, pembelajaran dengan pendekatan teknologi
pembelajaran dengan kombinasi sumber-sumber belajar tatap muka dengan pengajar
maupun yang dimuat dalam media komputer, telpon seluler, saluran televisi
satelit, konferensi video, dan media elektronik lainnya. Peserta didik dan fasilitator
bekerja sama untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Tujuan utama
pembelajaran blended adalah memberikan kesempatan bagi berbagai karakteristik
pebelajar agar terjadi belajar mandiri, berkelanjutan, dan berkembang sepanjang
hayat, sehingga belajar akan menjadi lebih efektif, lebih efisien, dan lebih
menarik.
Kelebihan sistem pembelajaran blended learning :
- Pembelajaran terjadi secara mandiri dan
konvensional, yang keduanya memiliki kelebihan yang dapat saling melengkapi
- Pembelajaran lebih efektif dan efisien, dan juga
dapat meningkatkan aksesbiltas. Sehingga dengan adanya blended learning maka
peserta belajar semakin mudah dalam mengakses materi pembelajarannya
Kekurangan sistem pembelajaran blended learning
:
- Media yang dibutuhkan sangat beragam, sehingga
sulit diterapkan apabila sarana dan prasarana tidak mendukung
- Tidak meratanya fasilitas yang dimiliki pelajar,
seperti komputer dan akses internet. Karena seharusnya dalam blended learning
diperlukan akses internet yang memadai, apabila jaringan kurang memadai akan
menyulitkan peserta dalam mengikuti pembelajaran mandiri via online
- Kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap
penggunaan teknologi
- Tidak meratanya fasilitas yang dimiliki peserta
didik
Sumber :
http://rizcafitria.wordpress.com/2011/04/30/blended-learning/
http://en.wikipedia.org/wiki/Blended_learning
Tidak ada komentar:
Posting Komentar