Sehubungan dengan tugas Psikologi Pendidikan yang mewajibkan setiap peserta kelas untuk melakukan survey dengan menggunakan kuesioner online, dengan tujuan untuk dapat melihat respon mahasiswa/i Fakultas Psikologi USU yang mengikuti kelas pendidikan 2011/2012 tersebut terhadap sistem "Blended Learning" yang sudah berlangsung beberapa minggu sebelumnya.
Kuesioner ini terdiri dari 6 poin pernyataan yang berkaitan dengan sistem "Blended Learning". Berikut adalah respon yang diperoleh dari 64 orang responden yang bersedia berpartisipasi :
Metode pembelajaran blended learning sangat menyusahkan
Sangat Setuju
|
1
|
1.54 %
|
Setuju
|
11
|
16.92 %
|
Netral
|
26
|
40 %
|
Tidak Setuju
|
24
|
36.92 %
|
Sangat Tidak Setuju
|
3
|
4.62 %
|
Metode pembelajaran blended learning mengembangkan cara belajar yang mandiri
Sangat Setuju
|
5
|
7.81 %
|
Setuju
|
47
|
73.44 %
|
Netral
|
11
|
17.19 %
|
Tidak Setuju
|
1
|
1.56 %
|
Sangat Tidak Setuju
|
0
|
0.00 %
|
Metode pembelajaran blended learning tidak dapat diterapkan dengan baik
Sangat Setuju
|
1
|
1.59 %
|
Setuju
|
19
|
30.16 %
|
Netral
|
26
|
41.27 %
|
Tidak Setuju
|
15
|
23.81 %
|
Sangat Tidak Setuju
|
2
|
3.17 %
|
Metode pembelajaran blended learning sudah berkembang dengan baik di Fakultas Psikologi
Sangat Setuju
|
0
|
0.00 %
|
Setuju
|
12
|
18.75 %
|
Netral
|
35
|
54.69 %
|
Tidak Setuju
|
15
|
23.44 %
|
Sangat Tidak Setuju
|
2
|
3.13 %
|
Tidak ada kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran blended learning
Sangat Setuju
|
0
|
0.00 %
|
Setuju
|
12
|
18.75 %
|
Netral
|
20
|
31.25 %
|
Tidak Setuju
|
29
|
45.31 %
|
Sangat Tidak Setuju
|
3
|
4.69 %
|
Dengan pembelajaran blended learning, saya dapat memperoleh informasi dengan cepat
Sangat Setuju
|
5
|
7.69 %
|
Setuju
|
45
|
69.23 %
|
Netral
|
13
|
20.00 %
|
Tidak Setuju
|
2
|
3.08 %
|
Sangat Tidak Setuju
|
0
|
0.00 %
|
Hasil :
- Berdasarkan tabel 1 dan 2
Dapat dilihat bahwa mahasiswa/i memiliki rasa ketertarikan yang tinggi terhadap sistem pembelajaran blended learning tersebut.
- Berdasarkan tabel 3,4, dan 5
Hasil survey menunjukkan bahwa, meski mahasiswa/i memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap sistem blended learning, tetap ada kendala yang diperoleh oleh sebagian besar peserta. Hal ini dapat disebabkan karena fasilitas yang kurang atau bahkan belum memadai (seperti komputer, laptop, modem, dan wifi) sehingga sistem blended learning ini belum dapat diterapkan dengan baik di Fakultas Psikologi.
- Berdasarkan tabel 6
Hasil survey 69.23 %, menunjukkan bahwa responden mendapatkaan manfaat yang sangat besar terhadap sistem blended learning (seperti mendapatkan informasi dengan lebih cepat, lebih banyak, dan menghemat biaya serta waktu.
- Berdasarkan tabel 1 dan 2
Dapat dilihat bahwa mahasiswa/i memiliki rasa ketertarikan yang tinggi terhadap sistem pembelajaran blended learning tersebut.
- Berdasarkan tabel 3,4, dan 5
Hasil survey menunjukkan bahwa, meski mahasiswa/i memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap sistem blended learning, tetap ada kendala yang diperoleh oleh sebagian besar peserta. Hal ini dapat disebabkan karena fasilitas yang kurang atau bahkan belum memadai (seperti komputer, laptop, modem, dan wifi) sehingga sistem blended learning ini belum dapat diterapkan dengan baik di Fakultas Psikologi.
- Berdasarkan tabel 6
Hasil survey 69.23 %, menunjukkan bahwa responden mendapatkaan manfaat yang sangat besar terhadap sistem blended learning (seperti mendapatkan informasi dengan lebih cepat, lebih banyak, dan menghemat biaya serta waktu.
Testimonial :
Survey ini sangat membantu dalam mengumpulkan hasil yang akurat dalam mengumpulkan respon mahasiswa/i terhadap sistem blended learning. Dengan hasil yang diperoleh dapat disimpulakan bahwa hampir sebagian besar mahasiswa/i memberikan respon positif terhadap sistem ini. Hanya saja, selalu ada hal – hal yang belum bisa dipenuhi secara keseluruhan seperti fasilitas yang memang pada dasarnya sangat penting. Sehingga, hal tersebutlah yang dapat menghambat berkembangnya sistem blended learning ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar